Almarhum Bupati Aceh Selatan Akan Dimakamkan Secara Kenegaraan

Terlihat di ruang tunggu utama bupati para pejabat, Forkopimda termasuk ribuan masyarakat lainnya terus mendatangi pondopo untuk melayat. (Realitasonline/Zulmas)

TAPAKTUAN – Realitasonline | Almarhum H Azwir SSos, Bupati Aceh Selatan, Selasa (3/12/2019), rencana akan dimakamkan secara kenegaraan di TPU Gampong Hilir samping terminal terpadu Kecamatan Tapaktuan.

Informasi itu diperoleh, Senin (2/12/2019), dari Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Erwiandi SSos MSi di pendopo Bupati Aceh Selatan Jl. Adam Kamil Tapaktuan dikeramaian pelayat yang berdatangan setiap penjuru.

Dalam hal pemakaman almarhum, kami sudah berkoordinasi dengam Biro Otda Kementerian Dalam Negeri. Menurut mereka itu kebijakan daerah, terserah daerah melakukan bagaimana. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Biro Humas dan Protokol Propinsi Aceh, mereka mengatakan tidak ada aturan detail, namun yang pernah mereka lakukan prosesinya seperti ala semi militer cuma tidak ada penembakan, sebutnya.

Prosesi pemakaman secara kenegaraan itu akan dipimpin oleh Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran selaku Inspektur Upacara (Irup) dengan melibatkan alumni Pamong Praja (STPDN/IPDN). “Merekalah yang mengentarkan jenazah almarhum sampai ke pemakaman dan penguburan, jelas Erwiandi.

Sebelum itu jenazah almarhum akan disalatkan di Masjid Kampung Hilir dan menaikkan ke mobil ambulance menuju ke pemakaman umum Kampung Hilir. Sampai ke pemakaman selanjutnya diserahkan ke perangkat gampong dan penggali kubur.

“Tadi saya juga sudah minta kepada Keuchik Gampong Hilir memposisikan lokasi makam Pak Bupati di tempat strategis,” ungkapnya.

Sebelum dimakamkan, lanjutnya, juga akan ada prosesi pembacaan sambutan dari Wabup Aceh Selatan selaku Irup dan pembacaan daftar riwayat hidup almarhum.

“Baru setelah prosesi ini almarhum dikebumikan,” jelas Erwiandi ¬†yang menambahkan jasad almarhum akan diterbangkan dari Bandara Changi Singapura sekira pukul 7.40 waktu setempat transit di Bandara KNIA Sumatera Utara, dan terbang dengan pesawat Susi Air menuju lapangan terbang Teuku Cut Ali Aceh Selatan.

“Insya Allah bila tak ada halangan, almahum akan tiba di Aceh Selatan, sekira pukul 10.00,” sebutnya.

Drs H Azwar Rahman MSi, adek ipar bupati Azwir yang dihubungi secara terpisah mengakui almarhum tutup usia 63 tahun, dan menjabat bupati Aceh Selatan sejak dilantik Kamis (27/9/2018) hingga Senin ini (2/12/2019). Menjalani tugas kenegaraannya satu tahun satu bulan. (ZL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini