3.829 Atlet Bersaing di Porkot Medan

Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani (tengah) memberikan keterangan pers mengenai Porkot Medan XI Tahun 2019 di Sekretariat KONI Medan, Kamis (5/9). (Realitasonline/ist)

MEDAN – Realitasonline | Sebanyak 3.829 atlet dipastikan tampil di Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XI Tahun 2019 yang berlangsung 7 sampai 14 September mendatang. Hasil dari Porkot ini diproyeksikan sebagai atlet KotaMedan untuk memperkuat Sumut di PON 2024 mendatang.

Para atlet dari 21 kecamatan Kota Medan akan bersaing di 35 cabang olahraga dengan 325 nomor yang dipertandingkan. 

Ketua Umum KONI Medan Drs  Eddy H Sibarani menyebutkan, gelaran Porkot XI tahun ini menjadi strategis, karena menjadi sarana seleksi bagi atlet-atlet muda Kota Medan, yang kemudian dipersiapkan menuju PON XXI Tahun 2024.

“Atlet yang ikut Porkot Medan kali ini, adalah atlet lapisan kedua yang diproyeksikan sebagai atlet yang masuk dalam kontingen Sumut dalam rangka PON 2024, di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh,” ungkap Eddy H Sibarani dalam temu pers di Aula Sekretariat KONI Medan, Kamis (5/9) sore.

Eddy Sibarani didampingi Ketua PB Porkot XI HT Daniel Mozard, Wakil Ketua Siwo PWI Sumut Jhonny Ramadhan Silalahi dan Sekretaris SIWO PWI Sumut M Samsir menyebutkan, atlet utama atau lapis pertama Medan sendiri saat ini tengah konsentrasi untuk meraih tiket PON 2020 di Papua.

“Porkot ini tidak untuk PON 2020, tapi dipersiapkan dalam menyongsong PON 2024 mendatang. Karena atlet untuk PON 2020 yang merupakan lapisan pertama kita sudah disiapkan bersama kontingen Sumut di arena Pra PON maupun Porwil Sumatera dan juga Kejurnas, serta di Pelatnas SEA Games 2019 di Filipina,” jelasnya.

Katanya, atlet yang ambil bagian di ajang ini ada yang memiliki batasan usia karena untuk dipersiapkan bersaing di PON 2024 mendatang. Sehingga, persiapan yang dilakukan Sumut tak hanya fokus pada sarana dan prasarana saja, namun juga prestasi.

“Dengan persiapan atlet Porkot Medan tahun ini, kita berharap Sumut berada di barisan terdepan sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan,” kata Ketua Umum KONI Medan.

Soal syarat bagi atlet yang tampil di Porkot ini, Eddy menegaskan, disesuaikan dengan masing-masing cabor, terutama pada cabor terukur. “Tidak ada batasan spesifik. Hanya batasan pada masing-masing cabor. Kita serahkan sepenuhnya kepada cabor untuk melihat potensi atlet layak atau tidak untuk bertanding,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua PB Porkot XI/2019, HT Daniel Mozard mengatakan, Porkot 2019 berlangsung 7 hingga 14 September. Pembukaan direncanakan oleh Walikota Medan HT Dzulmi Eldin di Stadion Teladan Medan, Sabtu (7/9) siang. “Persiapannya sudah mencapai progres 90 persen dan mudah-mudahan tidak ada halangan pada pelaksanaan Porkot ini,” katanya.

HT Daniel berharap semua pihak dapat berpartisipasi dan ikut serta mensukseskan gelaran multi event olahraga tahunan ini. “Kita memasuki gelaran yang ke-11 beruntun. Sudah seharusnya Porkot Medan 2019 berlangsung lancar dan sukses, sesuai harapan Wali Kota Medan,” ujar HT Daniel Mozard. (R-kim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini