Basket 3×3 Berpeluang Raih Medali PON 2020

Wakil Ketua Perbasi Sumut Darsen Song (tengah) memaparkan Basket 3×3 dengan moderator SR Hamonangan Panggabean didampingi Bambang Riyanto dari KONI Medan. (Realitasonline/ist)

Medan – Realitasonline | Wakil Ketua Perbasi Sumut Darsen Song mengungkapkan memiliki peluang meraih medali dari nomor 3×3 cabor basket di arena PON XX yang digelar di Papua pada 2020 mendatang.

“Kita optimis jika nomor basket 3×3 Sumut bisa meraih posisi 3 Besar pada PON 2020 di Papua. Saat ini yang paling kuat untuk basket 3×3 Sulawesi dan Riau. Namun kita harapkan Sumut bisa masuk tiga besar sekaligus merebut medali di PON,“ ujarnya ketika menjadi nara sumber pada Pelatihan Manajemen Informasi Keolahragaan KONI Medan 2019, di Hotel Putra Mulia Medan.

Perbasi Sumut, sebutnya, telah rutin melakukan kompetisi setiap tahunnya secara berjenjang. Diakui, selama ini basket Sumut hanya kuat pada tingkat SMA, begitu masuk bangku kuliah sudah sulit bertahan dan banyak yang kuliah ke luar Sumut.

“Namun, di masa mendatang, berbagai upaya akan dilakukan agar basket Sumut bisa tampil lebih berprestasi terutama pada pada PON 2020 di Papua,” ucapnya pada pelatihan yang berlangsung Sabtu (31/8).

“Harapan kita tentu saja nomor basket 3×3 Sumut, khususnya putra yang sudah lolos Pra PON, bisa menempati posisi tiga besar pada PON 2020 di Papua,” kata Darsen Song,  seraya menyebut cabor basket merupakan olahraga populer setelah sepakbola.

“Karena pada setiap kejuaraan mampu menyedot penonton cukup ramai terutama kalangan generasi muda, meski diakui masih minim sponsor dan itu salah satu kendala,” ucapnya saat menyampaikan materi berjudul  Perlengkapan dan Peralatan, Peraturan Permainan, Dan Sistem Kualifikasi PON 2020 Basket 3×3”.

Dikatakan, terkait Basket 3×3, media terutama di Jakarta telah melaksanakan “Liga Basket Media”, namun di Sumut belum ada. Darsen pun berkeinginan media di Sumut bisa melaksanakan hal sama. “Bisa digalakkan di Medan ini, silakan wartawan olahraga melaksanakan Liga Basket Media, kita akan dukung,” paparnya. (R-kim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini