Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Deli Serdang Berlangsung Meriah

LUBUK PAKAM – Realitasonline | Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Deliserdang berlangsung meriah yang digelar di Lapangan Alun-alun Pemkab di Lubuk Pakam, Sabtu (17/8).

Ribuan masyarakat ikut menyaksikan berjalannya Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini, yang terlihat memadati areal lapangan Alun-alun pemkab.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, yang turut dihadiri Wabup HM Ali Yusuf Siregar, Wakil Ketua DPRD Imran Obos, unsur FKPD, Pengurus TP PKK, Dharmawanita, KCK, Bhayangkari, FKUB, GOW, pimpinan OPD, anggota Veteran, Tokoh Masyarakat, agama, adat serta para Ormas/OKP dan undangan lainnya.

Sebanyak 45 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan gabungan siswa-siswi SMA pilihan se-Deliserdang dengan formasi sebagai pembawa bendera pusaka merah putih Nabila Sofiani Siswi kelas XI MAN 2 Deli Serdang, anak dari pasangan Sofyan Chaniago dan Ibu Leni Afnita, sebagai pengibar bendera Angga Ramadhan, Muhammad Andre Ramadhan, Attariq Widy Elhasyimi, sedangkan Komandan Pleton oleh Muhammad Alif Anugrah siswa SMKN 1 Lubukpakam. Sebagai komandan pasukan Paskibra Letnan Dua CHB Boby Andreas Buta-Butar dari satuan Batalyon Infanteri 121/Macan Kumbang.

Tepat pukul 10.00 Wib didahului suara sirene, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Imran Obos membacakan teks Proklamasi dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh petugas Paskibra Kabupaten Deliserdang. 

Kemudian dilanjutkan pengibaran sang merah putih oleh petugas Paskibra Kabupaten Deliserdang dengan formasi barisan pengibar bendera membentuk formasi benteng, melambangkan bahwa mereka siap berbakti kepada bangsa dan ibu pertiwi serta menjadi generasi penerus bangsa yang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengibaran Bendera Merah Putih ini dilakukan oleh 45 anggota Paskibra yang berasal dari putra-putri terbaik Deliserdang yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Deliserdang. Adalah Nabila Sofiani siswi kelas XI MAN 2 Deli Serdang yang didaulat membawa baki bendera, mengatakan sedikitpun tak mengira dirinya bisa terpilih sebagai pembawa baki bendera pusaka pada HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Usai pelaksanaan detik-detik Proklamasi, Bupati Ashari Tambunan bersama Wabup HM Ali Yusuf Siregar menyaksikan atraksi ketangkasan akrobatik dari 2 atlit paramotor udara, yang terbang melayang-layang di seputaran Kota Lubuk Pakam dengan membawa logo Deliserdang, dan bendera Merah Putih binaan Dinas Kebudayaan dan Parawisata Deliserdang, yang disambut meriah ribuan warga yang menyaksikannya.

Selanjutnya  Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan Bersama Wabup HM Ali Yusuf Siregar serta para undangan dan seluruh peserta Upacara menuju Lapangan Tengku Rajamuda Lubukpakam untuk melepas dan menyaksikan peserta pawai dan Karnaval Mobil Hias dari berbagai instansi SKPD, TNI/Polri, Sekretariat kantor Bupati, 22 Kecamatan, BUMN dan perusahaan swasta, Polwan bersepedamotor serta barisan pawai lintas etnis dan budaya. Turut juga diiringi atraksi drumband.

Sebelumnya tepat pukul 00.00 Wib dalam rangka peringatan HUT RI Ke-74, Bupati H Ashari Tambunan bersama Wabup HM Ali Yusuf Siregar menghadiri apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Lubuk Pakam, yang bertindak sebagai Irup Kapolres Deliserdang AKBP Edi Suryantha Tarigan, dihadiri unsur FKPD lainnya, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, para staf ahli bupati, asisten, pimpinan SKPD, PNS, anggota LVRI, TNI/Polri serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan OKP, dan Purna Paskibra Deliserdang. (HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini