696 Napi Lapas Klas IIA Siantar Dapat Remisi, 24 Langsung Bebas

Kalapas Porman Siregar saat memberikan remisi kepada warga binaan yang langsung bebas. (Realitasonline/Rahayu)

P.Siantar – Realitasonline | Sebanyak 696 narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Siantar mendapatkan remisi (pengurangan hukuman). Sejumlah 24 Napi langsung bebas dan 13 harus menjalani subsider (jika tidak dibayar diganti pidana penjara).

Demikian dikatakan Kalapas Porman Siregar didampingi Humas Hiras Silalahi kepada wartawan Jumat (17/8) disela sela pemberian remisi.
Kalapas Porman Siregar selaku pembina upacara dalam arahan dan bimbingannya mengungkapkan dan berharap warga binaan menjadi manusia yang lebih baik saat sudah bebas dari hukuman. Sehingga diterima kembali oleh masyarakat.

Selama menjalani masa pemidanaan, warga binaan dilatih dengan berbagai keterampilan dan berkebun juga mendapat siraman rohani baik yang Islam, Kristen Hindu dan Budha.

Pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74, para napi ada yang langsung bebas. Pemberian remisi paling banyak 6 bulan dan paling sedikit 1 bulan. Hal ini berdasarkan catatan baik para napi selama menjalani masa pemidanaan.

“Kita berharap lebih banyak lagi warga binaan yang mendapat remisi, sehingga penghuni Lapas tidak lagi over kapasitas. Lapas yang seyogianya menampung 700 napi kini dihuni 2 ribu lebih”, ungkapnya.

Selain pemberian remisi, juga diberikan penghargaan dari Presiden RI kepada pegawai Lapas sebanyak 4 orang. Sebelumnya dilaksanakan upacara nasional dihalaman Lapas yang diikuti seluruh pegawai dan sebahagian warga binaan. (RH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini