Setengah Tahun Menghilang, Mantan Keuchik Blang Makmur Kembali

31

BLANGPIDIE – Realitasonline | Misteri hilangnya Muhammad Haris selaku mantan Kepala Desa (Keuchik) Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada Senin (31/12/2018) malam sempat membuat heboh warga sekitar. Pasalnya, ia dinyatakan hilang ketika sedang memancing ikan di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Kecamatan Susoh.

Ketika itu, banyak warga yang mengira kalau Muhammad Haris telah hanyut terbawa arus. Akan tetapi tidak sedikit juga warga yang menduga, kalau M Haris justru telah kabur untuk menghindari masalah dana desa yang belum bisa dipertanggungjawabkan.

Bahkan ketika itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), dibantu Kepolisian, TNI, Tagana, SAR, RAPI dan masyarakat sekitar turut menyisir bibir pantai hingga beberapa kilometer kelautan luas untuk mencari keuchik dimaksud.

Namun semua praduga menghilangnya mantan keuchik akhirnya terbongkar. Ternyata, M Haris tidak tenggelam dan hilang saat memancing, melainkan berada di Kabupaten Aceh Singkil dalam kedaan sehat.

Keterangan itu dibenarkan oleh Kapolres Abdya AKBP Moh Basori SIK melalui Kapolsek Kuala Batee, Ipda Ramlan Yoga, Senin (15/7) bahwa, M Haris telah membuat laporan diri pada Minggu (14/7) kemaren sekira pukul 19.10 WIB.

Bedasarkan keterangan M Haris, pada tanggal 31 Desember 2019 itu ia sedang memancing dipinggir pantai kawasan PPI Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya sekira pukul 17.30 WIB. Tiba-tiba, datang tiga orang yang tidak dikenal menghampiri dirinya dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Menurut pengakuannya lagi, ketiga orang itu lansung menyekap dirinya kedalam mobil, kemudian bergerak menuju wilayah Desa Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie. Sesampai disana, M Haris berhasil melarikan diri hingga bermalam di hutan.

Untuk menyelamatkan diri, M Haris justru tidak pulang kerumahnya, tapi memilih untuk berangkat ke Aceh Singkil dengan mobil tumpangan. Setelah kurang lebih lima bulan lamanya berada di Singkil, M Haris berniat kembali ke kampung halamannya di Desa Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya.

“Benar, mantan keuchik tersebut telah membuat laporan kepada kita pada Minggu malam kemaren sekira pukul 19.30 WIB,” ujar Kapolsek Kuala Batee Ipda Ramlan singkat.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri Abdya, Abdur Kadir SH MH kepada wartawan, telah mengingatkan tim APIP agar menuntaskan masalah dana desa Blang Makmur dengan rentan waktu 60 hari. Kalau dalam waktu itu belum juga tuntas, maka masalah itu akan ditangani pihak kejaksaan dengan melakukan penyelidikan.

“Kita tidak main-main dengan masalah dana desa ini, apalagi menyangkut dengan uang negara,” kata Kajari Abdur Kadir pada saat apel Ikrar Pegawai Kejari Abdya di halaman Kantor Kejari setempat sekitar bulan Februari 2019 lalu. (ZA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini