Mahasiswa IPTS Padangsidimpuan KKL dan PPL di 6 Kabupaten Kota

60
Rektor IPTS Drs. Mhd Nau Ritonga, MM didaampingi Wakil Rektor II dan III dan Ketua Prodi IPTS saat melakukan pembekalan KKL dan PPL kepada mahasiswa pesertta KKL dan PPL di Kampus IPTS Jalan St. Mhd. Arif Padangsidimpuan, Kamis (11/7). (Realitasonline /Riswandy)

TAPANULI SELATAN – Realitasonline | Sebanyak 315 mahasiswa Semester VII Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan dan Praktek Pengalaman Lapangan (KKL dan PPL) yang dilaksanakan di 6 Kabupaten / Kota di Sumatera Utara yakni, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

Hal itu dikatakan Ketua Panitia Pelaksana KKL dan PPL mahasiswa IPTS, Mara Judan Rambe, ME, usai pembekalan kepada mahasiswa peserta KKL dan PPL yang dihadiri  Rektor IPTS Drs. Mhd Nau Ritonga, MM didampingi Wakil Rektor II dan III dan Ketua Prodi IPTS, di Kampus IPTS di Padangsidimpuan, Kamis (11/7).

Disebutkannya, KKL dan PPL bagi mahasiswa IPTS Tahun Akademik 2019 / 2020 tersebut akan berlangsung selama 2 bulan (17 Juli sampai 17 September 2019), terdiri dari 2 Fakultas yakni Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) dan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa (FPIPSB), dengan sasaran, untuk KKL di laksanakan di Desa dan Kelurahan di 6  Kabupaten / Kota dan untuk PPL di laksanakan di SMA, SMK dan MA di 6 Kabupaten / Kota.

“ Kegiatan KKL dan PPL bertujuan sebagai implementasi dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menjadikan mahasiswa lebih dewasa dan bertambah luas wawasannya dan kegiatan ini merupakan ajang bagi mahasiswa untuk menatap fenomena yang terjadi di lapangan terutama aspek pendidikan dan diharapkan juga mahasiswa selalu kritis terhadap dinamika pendidikan sehingga dapat merumuskan dan punya cara terbaik dalam mengatasinya, “ ujar Mara Judan.

Untuk kegiatan KKL yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam rangka mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat guna mendapatkan pengalaman belajar dalam pembentukan karakter individu mahasiswa, dengan harapan mahasiswa dapat mempraktekkan langsung konsep teori yang didapat dalam bangku kuliah secara nyata dan konsisten di tengah-tengah masyarakat.    

Sedangkan kegiatan PPL bertujuan, bagaimana mahasiswa dapat menerangkan pengethuan teoritis yang diberikan kepada siswa SMA, SMK dan MA sebagai pengalaman praktis melalui kegiatan praktek langsung di lapangan sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“ Dari kegiatan tersebut, mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu berkontribusi nyata, karena, seperti yang kita ketahui selama ini bahwasannya mahasiswa adalah agent of change. Maka dari itu mahasiwa harus mengetahui porsi dari tugas masing-masing dalam mengabdi kepada masyarakat, “ terangnya.

Mara Juda juga mengharapkan, apa yang didapatkan di lapangan nanti bisa dijadikan sebagai pengalaman berharga dalam melanjutkan pendidikan terutama dalam aspek pendidikan dan dapat diaplikasikan ke tengah masyarakat dan siswa sekolah.

“ KKL dan PPL ini merupakan pengabdian kepada masyarakan dengan berbagai kegiatan positif dan diharapkan dapat mengabdikan ilmu pengetahuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa, “ harapnya. (RI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini