Guguran Lahar Dingin Sinabung Hantam Rumah dan Puskesmas

9
Puskesmas Desa Kutambaru yang terkena dampak lahar dingin Gunung Sinabung. (Realitasonline/ist)

KABANJAHE – Realitasonline | Guguran lahar dingin Gunung Sinabung terjadi Rabu (10/7). Akibatnya lima rumah warga Desa Kutambaru Kec. Tiga Nderket dan satu unit Puskesmas mengalami genangan lumpur dan rusak.

Kalak BPBD Kab. Karo, Ir Marthin Sitepu yang dikonfirmasi, Kamis (11/7/2019),  membebarkan kejadian tersebut dan pihaknya sedang melakukan pembersihan genangan bebatuan dan lumpur yang menimpa pemukiman warga dan pembersihan jalan serta fasilitas lainnya.

Menurut Martin, lahar dingin yang terbawa arus air akibat derasnya hujan di sekitar Gunung Sinabung baru ini. Akibat derasnya hujan menyebabkan  terjadinya aliran air dari Gunung Sinabung yang membawa  material bebatuan dan menjebol sabodam di sekitar Desa Kutambaru. Hal itu menyebabkan aliran lahar dingin tidak  mengikuti alur yang sudah ada, tetapi menerobos lokasi yang  mengarah ke pemukiman warga. 

Dikatakan, sesuai laporan  dari kepala desa Kutambaru, lahar dingin menerjang pemukiman penduduk sebanyak lima unit rumah dan  satu unit puskesmas  tergenang lumpur.

Disinggung korban jiwa, menurut Martin Sitepu akibat banjir lahar dingin tersebut tidak ada korban jiwa, kecuali Lidya br Surbakti (17) sempat terbawa arus namun masih dapat  diselamatkan warga.

Disebutkan, akibat lahar dingin tersebut sementara diprediksi Jl. Selandi Perbaji, Jn Kutabuluh di Desa Sukatendel, dan Jl Kutambaru sempat tidak  bisa dilalui. 

Lebih lanjut disebutkan,  saat ini  pihaknya sedang melakukan pembersihan jalan dengan menurunkan alat berat dibantu warga, anggota  Koramil dan Polsek Tiga Nderket. 

Martin Sitepu menambahkan saat ini akses jalan ┬ásudah ┬ábisa dilalui walaupun masih berlangsung pembersihan. ” Saat ini kami dengan pihak terkait sedang mengadakan rapat di kantor camat Tiganderket membahas dampak kejadian tersebut” ujar Martin. (JP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini