Pemkab Aceh Selatan Tanam 1000 Pohon

39
Letkol Inf. Sulistya Herlambang HB menyerahkan secara simbolis tanaman pohon kepada mahasiswa Politeknik Aceh Selatan.(Realiatasonline/Zulmas)

TAPAKTUAN – Realitasonline | Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup, Pemkab Aceh Selatan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, dan Kodim 0107 melakukan penanaman 1000 pohon.

Acara yang cukup bermanfaat itu dihadiri mewakili Bupati Aceh Selatan, Ir H Said Azhar (Asisten III), Sekdakab, Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol Inf Sulistya Herlambang HB mewakili Kapolres, Kompol H Haron, para SKPK dan undangan lainnya.
Seribu pohon tersebut ditanam di dekat bangunan Politeknik Aceh Selatan (Poltas) pada kawasan Gunung Ribee, Gampong Ladang Kasik Putih Kec. Samadua, Jumat (12/7/2019).

Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol Inf Sulistya Herlambang HB membacakan pidato Bupati H Azwir SSos mengatkan  tanaman 1000 pohon ini merupakan tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam.

“Maka untuk itu, mari kita menata hubungan alam dan manusia bukan hanya sekedar pengelolaan sumberdaya alam untuk tujuan keuntungan manusia,  
apalagi bila keuntungan itu hanya untuk segelintir manusia saja,” sebutnya. Lingkungan dan alam  butuh perlindungan. Apalagi lingkungan dan alam memiliki arti sangat besar dan bisa dikatakan menentukan hidup manusia, karena fungsi alam yang bekerja juga bagi manusia atau sekaligus manusia menjadi bagian dalam landscpae ecology alam tersebut.  

Menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam demi kelangsungan hidup penghuni bumi dan  keindahan alam memperlakukan alam secara proporsional, tidak primitif hanya mau mengeruk keuntungan dari padanya saja, akan tetapi harus dalam perspektif perlindungan lingkungan, ucapnya.

Maka untuk itu ia menambahkan dan mengajak seluruh masyarakat, supaya pengelolaan lingkungan harus  modern dan secara nyata menerapkan pendekatan keberlanjutan yang menjadi modernitas pembangunan berwawasan lingkungan atau penyatuan manusia dan alam dalam menuju kemajuan dan langkah ke depan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Selatan, Mirjas melalui Kabid  Ruang Terbuka Hijau Dan Peningkatan Kapasitas, Sakdah ST yang dihubungi terpisah, mengakui penanaman 1000 pohon di lahan seluas 5 ha itu tujuannya salah satu untuk menghijaukan lokasi Politeknik Aceh Selatan.

Sehingga komplek Politeknik Aceh Selatan nantinya menjadi puncak hijau yang selalu rindang dan sejuk saat kondisi cuaca  alam yang panas.

Adapun jenis 1000 pohon yang ditanam itu berupa mahoni 1000 batang, sirsak 500 dan asam jawa 1000 batang, terangnya. (ZU)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini