DPRDSU Minta BPK Audit Proyek BKP di Dapil Sumut VI

23
Anggota Tim Kunker VI DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga saat menunjuk ruas Jalan lingkar luar Rantau prapat Desa Suka Makmur menggunakan BKP Sumut terindikasi pengurangan volume bahan sehingga badan jalan pecah dan retak. (Realitasonline/ist)

MEDAN – Realitasonline | Tim Kunjungan kerja (Kunker) VI minta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mengaudit beberapa proyek pekerjaan Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) yang dianggarkan APBD Provsu tahun anggaran 2018 khususnya di Kabupaten Labuhanbatu dan Labura (Labuhanbaru utara).       

“Tim VI DPRD Sumut akan merekomendasikan ke BPK RI agar mengaudit proyek-proyek yang pelaksanaannya di kab/kota se Sumut,” ujar anggota Tim VI Zeira Salim Ritonga kepada wartawan, Jumat (14/6) terkait hasil kunker ke Labuhanbatu, Labura dan Labusel (Labuhanbatu selatan).         

Dia menyebutkan, pihaknya rekomendasi agar BPK RI melakukan audit atau investigasi berupa audit spesifik, karena ada beberapa pekerjaan masih jauh dari kata baik, seperti proyek di Labuhanbatu Induk dan Kabupaten Labura. Dari beberapa proyek yang ditinjau, terdapat indikasi pengurangan volume bahan untuk pembangunan proyek.       

“Terdapat indikasi pengurangan volume bahan, seperti Jalan Lingkar Luar Rantau Prapat Desa Suka Makmur, sehingga berdampak terhadap mutu pekerjaan terlihat rendah dan secara kasat mata terdapat pecah serta retak di badan jalan. Spek yang tidak sesuai juga terlihat pada pekerjaan di Labura, di Desa Kampung Mesjid terindikasi mencuri campuran bahan,”ujarnya.          

Tim Kunker Dapil VI juga banyak menemukan kejanggalan pada pengadaan barang dan jasa di Dinas Pendidikan Sumut. Di mana pengadaan lokal dan alat peraga sekolah tidak ditenderkan hanya dilakukan swakelola, sehingga banyak terindikasi mark up anggaran pengadaan.       

“Apalagi salah satu Kacapdis di Labuhanbatu mengaku tidak pernah disertakan dalam pertanggungjawaban pengadaan. Ada sebagian pekerjanya titipan dari Kadis Propinsi dan sebagian kepala sekolah yang kerjakan. Seharusnya tugas kepala sekolah itu fokus dalam memanag anak murid asuhannya,” ujarnya.       

Disebutkannya, tim Kunker Dapil 6 DPRD Sumut tetap solid untuk selalu bekerjasama bahu membahu membangun kampung halaman. Seperti Jalan Provinsi Aek Kota Batu Tobasa Labura tahun ini akan terlaksana sepanjang 3,7 Km dan jembatan serta 1 Km drainase Insyaallah akan terlaksana pekerjaannya diawal bulan depan. (Rmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini