Sinergitas TNI-Polri Mampu Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif di Kota Padangsidimpuan

26
Dandim 0212/TS bersama Kapolres Padangsidimpuan membacakan amanat Kapokdasu pada apel konsolidasi TNI-Polri dan penutupan Ops. Ketupat Toba 2019 serta kesiapan pengamanan sidang PHPU, di halaman Bolak Jl. Sudirman Kota Padangsidimpuan. (Realitasonline / Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN – Realitasonline | Sinergitas TNI, Polri dan seluruh unsur pemangku kepentingan, berbagai gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan khususnya kejahatan yang meresahkan masyarakat seperti pencurian, jambret-begal, dan premanisme, aksi intoleransi dan kekerasan seperti aksi sweeping oleh ormas, gangguan keamanan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut dan udara dapat diminimalkan.

Demikian disampaikan Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto S.IP, usai memimpin apel bersama Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya S.IK.MH, dalam rangka konsolidasi penutupan Operasi Ketupat Toba 2019 dan Apel Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), di alaman Bolak Jalan Sudirman, Kota Padangsidimpuan, Kamis (13/6).

Apel gabungan diikuti personil TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, KPU, Bawaslu Ormas dan OKP, dihadiri Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, Ketua DPRD Hj Taty Ariani Tambunan SH, Ketua MUI H. Zulpan Efendi Nasution Sag, Dan Sub POM 1/2-3 Padangsidimpuan Kapten CPM K.S.P Habehaan, Pabung Kodim 0212/TS Wilayah Kota Padangsidimpuan Kapten Czi Slamet, seluruh Perwira Jajaran Polres Kota Padangsidimpuan, tokoh agama, tokoh mssyarakat, tokoh adat se Kota Padangsidimpuan, dengan bertindak selaku perwira upacara Kasat Lantas AKP Kasat Lantas AKP Eridal Fitra ,dan Komandan Upacara Kasat Narkoba Polres Kota AKP. Charles Jhonson Panjaitan, SH.

Lebih lanjut Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Novrizal Yusananto, SIP mengatakan, Operasi Ketupat Toba 2019 yang telah digelar selama 13 hari, mulai 29 Mei, sampai 10 Juni 2019, berjalan sesuai target yakni tertib, aman dan lancar, sehingga masyarakat dapat melaksanakan hari raya Idul Fitri dengan khusu’ dan nyaman, bahkan permasalahan terkait dengan stabilitas harga maupun ketersediaan bahan pokok dapat diatasi dengan baik sehingga tidak ada lonjakan harga bahan pokok.

” Saya berkeyakinan bahwa keberhasilan yang telah diraih dalam operasi ketupat 2019 adalah berkat kerja sama yang baik dan sinergitas seluruh unsur yang terkait yang kita jalin selama ini. Polri didukung TNI dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2019 bekerja keras dan mengerahkan segenap sumber daya, dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, ” sebut Dandim.

Sementara Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya , SIK, M.H mengatakan kegiatan ini merupakan pengecekan kondisi personel dan sarana prasarana pengaman yang sudah bekerja selama 2 minggu.

” Selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Wilayah Kota Padangsidimpuan sangat kondusif, tidak ada kejadian menonjol yang menggaggu situasi kamtibmas. Hingga pengamanan Lebaran berakhir seluruh personel yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan pemko Padangsidimpuan semua aman, selamat dan tenteram, ” kata Hilman.

Kapolres juga mengucapkan syukur dan terima kasih atas dukungan TNI dan Pemko Padangsidimpuan atas kerjasamanya dalam mensukseskan operasi ketupat toba tahun 2019 ini, karena selama pelaksanaan Operasi Ketupat toba 2019 di seluruh wilayah hukum Polres Padangsidimpuan berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

” Hal tersebut katanya, ditandai dengan tidak adanya aksi serangan teror, dapat ditekannya gangguan kejahatan yang meresahkan masyarakat maupun aksi intoleransi dan kekerasan, serta terpeliharanya stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, ” kata Hilman.

Disamping itu, keberhasilan juga diwujudkan dengan kelancaran arus mudik dan arus balik, ketepatan strategi dalam manajemen rekayasa lalu lintas, serta capaian aspek keselamatan berlalu lintas berupa penurunan angka kecelakaan lalu lintas.

” Operasi Ketupat Toba 2019 yang kita laksanakan melibatkan personel TNI dan Polri, serta instansi terkait. Pergelaran Pos Pengamanan (Pos PAM) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) serta Pos terpadu yang digelar di Kota Padangsidimpuan berjalan cukup efektif, ” terangnya.

Sebelumnya, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto S.IP bersama Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya , SIK, M.H dalam membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah ( Kapolda) Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan, berbagai upaya cipta kondisi menjelang Operasi Ketupat tahun 2019 juga telah dilaksanakan dengan baik selain itu, berbagai infrastruktur pendukung juga telah dipersiapkan secara optimal oleh pemerintah mulai dari bandara, pelabuhan laut serta jalan dan infrastruktur pendukung lannya.

Kapolda juga berharap agar hasil yang telah dicapai selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2019 tetap dipelihara, terus pertahankan kesiap-siagaan dan kewaspadaan seluruh personil dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggaraan operasi., terus jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi, hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai pelaksanaan tugas dan personel juga diminta melaksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan, tanggung jawab demi keberhasilan pelaksanaan tugas menghadapi sidang PHPU.

” Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasi Ketupat tahun 2019. Teriring doa semoga perjuangan dan pengabdian yang saudara wujudkan dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun 2019, menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, ” tegas Kapolda.

Menurut Kapolda, adapun gangguan kamtibmas yang terjadi selama pelaksanaan Operasi Ketupat toba 2019 mengalami penurunan begitu juga arus mudik yang menggunakan transportasi darat dan laut mengalami peningkatan, Sedangkan transportasi udara mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

” Analisa dan evaluasi penyelenggaraan Operasi Ketupat 2019 menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik. Koordinasi dan kerja sama serta sinergitas seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat 2019 mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, ” tuturnya. (RI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini