Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah di Paluta, 8 Rusak Parah dan Tanaman Padi Hancur

36
Sejumlah pemukiman dan rumah makan milik warga di kawasan Partimbakoan yang hancur akibat bencana angin puting beliung.(Realitasonline/Akhir S Rambe)

PALUTA – Realitasonline | Angin puting beliung menghantam puluhan rumah dan restoran (rumah makan) di wilayah Partimbakoan Lingkungan I Kec. Padang Bolak, Padanglawas Utara (Paluta) hingga porak poranda, Selasa (11/6/2019) sekitar pukul 17.00.

Pantauan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu dan kerugian yang dialami warga ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Dari keterangan Usman Siregar yang merupakan pemilik rumah makan Minang Mahimbau yang menjadi korban bencana angin puting beliung mengatakan hujan deras disertai angin kencang pada pukul 17.00 memporakporandakan semua atap bangunan rumah makannya. 

Katanya, akibat kejadian tersebut seluruh atap rumah makan miliknya hancur terbawa angin hingga puluhan meter.

Hal senada juga dikatakan Darwin Siregar, warga setempat yang mengaku melihat langsung kejadian angin puting beliung yang menghancurkan sejumlah bangunan rumah warga. 
Dikatakannya, angin yang terlihat berputar disertai hujan deras dan menghantam sejumlah bangunan milik warga yang berada di seputaran wilayah Partimbakoan.

“Kejadiannya berkisar 20 menit. Pantauan kami ada sebanyak 8 rumah warga yang rusak bagian atapnya dihantam angin puting beliung,” ungkapnya. 

Terpisah, Plt Kepala BPBD  Paluta Rustam Hasibuan, Rabu (12/6), mengatakan  total kerusakan yang dialami warga akibat bencana angin puting beliung yang disertai hujan berjumlah delapan rumah. 

“Totalnya ada delapan  rumah yang rusak,” terangnya seraya menambahkan BPBD Paluta dibantu pihak kecamatan sudah turun ke lokasi kejadian serta sudah melakukan pendataan terkait kerusakan dan menghitung kerugian yang dialami warga yang diakibatkan bencana angin puting beliung itu. 

Sementara, Danramil 05 Padang Bolak, Kapten CZI Pahlawan Nasution dikonfirmasi mengatakan sudah mengarahkan anggotanya ke lokasi kejadian untuk membantu memperbaiki atap bangunan warga yang rusak dihantam angin puting beliung. 

“Kita sudah menurunkan anggota untuk membantu warga memperbaiki kerusakan yang dilanda puting beliung,” tukasnya.
Selain merusak sejumlah bangunan milik warga, angin puting beliung juga  merusak sejumlah tanaman padi milik warga serta mengakibatkan sejumlah pohon di bahu jalan tumbang. (AS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini