Jelang Pesta Bunga dan Buah, Pemkab Karo Benahi Jalan Alternatip ke Kota Berastagi

10
Bupati Karo saat meninjau jalan antara Tikungan Pelawi - Betastagi untuk dijadikan jalan alternatip. (Realitasonline/dok)

BERASTAGI – Realitasonline | Pemkab Karo akan membenahi jalan alternatip masuk ke Kota Berastagi. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk kelancaran akses transportasi menyongsong penyelenggaraan Pesta Bunga dan Buah yang akan diselenggarakan pada Juli mendatang.

Demikian Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH didampingi beberapa pejabat terkait saat melakukan peninjauan lokasi, Selasa (10/6/2019).
Terkelin Brahmana menyebutkan jalan yang akan dibenahi adalah jalan antara Tongkoh – Berastagi persisnya di Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi mulai dari tikungan Pelawi dan nantinya diharapkan dapat mengurai kemacetan lalu lintas  di ruas jalan tersebut.

Menurut Terkelin, berdasarkan pengalaman pada hari libur akibat banyaknya pengunjung ke Kota Berastagi sebagai daerah tujuan wisata (DTW ), maka kemacetan sering terjadi hingga berjam-jam terutama di sekitar Mickey Holiday Hotel/Funland.

Dicontohkan pada  Hari Lebaran H+4, wisatawan dan turis memadati kota Berastagi dan DTW  sehingga di beberapa titik terjadi kepadatan arus lalu lintas disebabkan  jalan tersebut merupakan ruas jalan antar propinsi dan beberapa kabupaten di Sumatera Utara.

Ditambahkannya, selain ruas jalan tikungan Pelawi – Berastagi diakui masih ada jalur lain yang bisa dijadikan sebagai sarana yakni Tongkoh – Tigapanah atau Simpang Ujungaji –  Tigapanah tetapi memperpanjang perjalanan.

Namun kalau tamu yang hendak menuju Kota Berastagi,  ruas jalan tersebut diharapkan akan dapat mengurangi kepadatan terutama dalam rangka pelaksanaan pesta bunga dan buah.

Lebih lanjut, menurut Terkelin, dalam rangka pembenahannya kepada instansi terkait seperti Dinas PUPR Karo, camat Berastagi dan unsur desa diinstruksikan supaya mempersiapkan berbagai hal termasuk kordinasi dengan masyarakat setempat serta anggaran peningkatan jalan tersebut untuk ditampung dalam P.APBD Karo 2019.

Sementara Kepala Bappeda, Ir Nasib Sianturi MSi mengatakan akan segera berkordinasi dengan kepala desa dan kepala dusun Sempajaya serta perangkat desa lainnya untuk minta surat pernyataan dari pemilik lahan ladang pertanian sekitar kiri kanan jalan. (JP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini