Hari Pertama Kerja, Wali Kota Sidak ke RSUD Padangsidimpuan

Wali Kota Padangsidimpuan menggelar sidak pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran Idul Fitri 1440 H, ke RSUD Padangsidimpuan. (Realitasonline/Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN – Realitasonline | Usai memimpin apel pagi, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran Idul Fitri 1440 H, kemarin.

Dalam sidak tersebut Irsan Efendi Nasution didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Padangsidimpuan, Gempar Nauli Hamonangan Nasution, Inspektur Daerah, Rahmat Marzuki Nasution, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Arbiuddin Saputra Harahap dan Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Kota Padangsidimpuan Islahuddin Nasution S.Sos.

“Sidak yang kita lakukan ini untuk mengecek langsung kehadiran para pegawai di jajaran Pemko Padangsidimpuan khususnya instansi pelayanan publik seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kantor Kecamatan, “ ujar Irsan Efendi Nasution.

Wali kota menginginkan pelayanan publik pelayanannya lebih ditingkatkan dan kehadiran pegawai agar lebih cepat karena masyarakat sangat membutuhkan pelayanan. Walikota juga tidak ingin, hanaya karena sidak ini pegawai cepat ngantor. Tapi di hari biasa juga harus lebih disiplin sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat.

Namun, secara keseluruhan Irsan merasa bersyukur, kehadiran pegawai cukup memuaskan dan berharap di hari pertama masuk kerja pasca lebaran ini pegawai dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, karena pemerintah juga telah memberikan kelonggaran berupa libur dan cuti bersama yang cukup panjang.

“ Masyarakat tentu perlu dilayani dengan cepat dan tepat, apalagi di Dinas Dukcapil yang masyarakat datang lebih cepat untuk urusan administrasi kependudukan. Demikian juga di RSUD yang harus melayani pasien dengan baik, biar masyarakat lebih enak dan tidak menggangu aktivitas lainnya, “ terang Irsan.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Padangsidimpuan Gempar Nauli Hamonangan Nasution mengatakan, dalam melakukan sidak kehadiran PNS ini, ada tim gabungan yang dibagi dalam 3 kelompok yang secara khusus ditugaskan mendatangi OPD yang ditentukan.

Dalam sidak ini masing-masing tim Satpol PP melakukan absen langsung untuk memastikan kehadiran ASN di lingkup OPD masing-masing dan jika masih ada ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas pada hari pertama kerja usai libur Idul Fitri, ASN yang bersangkutan bakal dijatuhi sanksi hukuman disiplin. Sebab ASN tersebut telah melanggar kewajiban dan sudah tertulis pada pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil, yang mana pada PP tersebut, jenis hukuman disiplin dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu ringan, sedang, dan berat.

“ Bentuk hukuman ringan seperti teguran lisan maupun tertulis. Kemudian, hukuman disiplin sedang berbentuk penundaan kenaikan gaji, penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat, masing-masing selama satu tahun. Nanti hasilnya akan kita serahkan kepada Menpan RB dan terkait sanksinya akan diberikan oleh masing-masing kepala OPD, “ terang Gempar. (RI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini