Kasdim 0117/Atam Hadiri Apel Operasi Ketupat Rencong 2019

29
Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian SIK MH sematkan pita operasi tanda dimulainya Operasi Ketupat Rencong 2019 kepada salah satu personel Polisi Militer . (Realitasonline/dok)

KARANG BARU – Realitasonline | Kasdim 0117/Atam Mayor Inf A Yani dan Personel Kodim 0117/Atam menghadiri kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka operasi ketupat rencong 2019 yang terselenggara di lapangan Para Satwika Mapolres Aceh Tamiang, Selasa (28/5/2019).

Beberapa dinas instansi wilayah Aceh Tamiang, Sub Denpom Atam, Kodim 0117/Atam, Polres Atam, Dishub Atam, Pol PP Atam, BPBD Atam, Damkar Atam, Pers Radio Antar Repulik Indonesia Wilayah Atam tergabung dalam kegiatan apel operasi ketupat rencong 2019 ini.

Amanat Kapolri yang dibacakan Inspektur Apel AKBP Zulhir Destrian SIK MH menyebutkan operasi ketupat rencong 2019 akan digelar selama 13 hari mulai Rabu (29/5) dini hari  sampai dengan Senin (10/6).

Operasi ketupat ini memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi tahun-tahun sebelumnya. Operasi kali ini akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu 2019. Hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan operasi ketupat 2019 semakin kompleks.

Berbagai gangguan terhadap stabilitas Kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun personel dan markas Polri, berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme, aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas, gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara.

Begitupun dengan permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, dan bencana alam tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam operasi ketupat 2019.

Lebih lanjut, operasi ketupat rencong 2019 diselenggarakan di 34 Polda dengan 11 Polda prioritas, yaitu Polda Metro Jaya, yakni Polda Jawa Barat,  Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Banten, Lampung,  Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan Papua.

Operasi akan melibatkan 160.335 personel gabungan, terdiri atas 93.589 personel Polri, 13.131 personel TNI, 18.906 personel Kementerian dan Dinas terkait, 11.720 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16.076 personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat,  tambahnya.

Hadir di antaranya Wakil Bupati, T Insyahfuddin ST, Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian SIK MH, Kasdim 0117/Atam, Mayor Inf A Yani, Ketua DPRK, Fadlon SH, Ketua MPU, Ilyas Mustawa, Dansub Denpom Atam Lettu CPM M Hafiz, LSM Senkom Aceh,  Junaidi, Ketua RAPI aceh Tamiang, M Yunus, dan para perwira di jajaran Polres Atam.(SA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini