Tidak Tunjukkan Sertifikat Fidusia, Polisi Diminta Tangkap Debt Collector yang Semena-mena

72

BLANGPIDIE – Realitasonline | Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat Daya (Abdya) minta pihak kepolisian menangkap debt collector yang bertindak semena-mena terhadap pemilik sepeda motor berinisial CH (41), warga Desa Geulumpang Payong, Kec. Blangpidie, Abdya pada 13/3/2019 lalu.

Ketua YARA Perwakilan Abdya, Miswar SH yang juga  kuasa hukum CH, Senin (20/5/2019) membenarkan telah mendampingi kliennya untuk membuat laporan ke ruang SPKT Polres Abdya terkait perampasan paksa sepeda motor milik CH.

Dimana, laporan tersebut telah diterima Aipda Januar Maulidin atas nama Kepala SPKT Polres Abdya dengan nomor SKTBL/26/V/RES.1.11/2019/SPKT tanggal 20/5/2019 tentang penggelapan sepeda motor.

Mengenai hal itu, lanjut Miswar,  YARA Abdya mendesak Polres setempat  mengusut tuntas permasalahan ini dengan segera dilakukan penangkapan terhadap debt collector pada salah satu perusaan lesing di Kab. Abdya.

Bahkan Miswar juga minta diproses sampai kepada pihak yang diduga menyuruh debt collector itu untuk melakukan tindak pidana terkait.

Kata Miswar, debt collector itu melakukan penarikan atau eksekusi kendaraan yang macet cicilannya tanpa disertai  dokumen sah dan tidak melampirkan surat peringatan pertama sampai ketiga.

Selain itu juga tidak menunjukan sertifikat fidusia atau membawa putusan pengadilan sesuai dengan UU Fidusia tahun 1999 dan peraturan menteri keuangan No.32/2012 yang khusus mengatur tentang tata cara penarikan kendaraan bermotor pada konsumen yang telah macet cicilannya.

Untuk itu, YARA telah membuka posko pengaduan mengenai debt collector yang mengambil paksa jaminan Fudisia tanpa dilampirkan dokumen persyaratan kepada konsumen lainnya.

“Jika ada penarikan paksa sepeda motor tanpa dokumen yang sah sesuai UU dan peraturan lainnya yang sudah ditetapkan silahkan buat laporan.  YARA Abdya siap memberikan pedampingan hukum dan  advokasi kepada masyarakat yang mana hak-hak hukumnya dilanggar dan dirampas,”  tuturnya. (ZA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini