Hari Kebangkitan Nasional Diperingati di Abdya

27
Dandim 0110/Abdya menjadi inspektur upacara Hari Kebangkitan Nasional. (Realitasonline/Syahrizal)

BLANGPIDIE – Realitasonline | Komandan Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Letkol Arm Iwan Aprianto SIP menjadi inspektur dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 111 yang berlansung di lapangan Bukit Hijau, halaman Makodim, Senin (20/5/2019).

Upacara yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia itu juga turut dihadiri Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK, Sekda, Drs Thamren, Kasi Intel Kejari, Radiman SH, para asisten, staf ahli, kepala SKPK dan sejumlah pejabat di jajaran Kodim dan Polres Abdya.

Bertindak sebagai komandan upacara Hari Kebangkitan Nasional, Kapten Inf M Arifin yang turut mengisi barisan para prajurit TNI/Polisi, Satpol PP dan WH, Dishub serta sejumlah PNS di jajaran Setdakab Abdya.

Dandim 0110/Abdya, Letkol Arm Iwan Aprianto SIP membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara yang menyampaikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 ini berada pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat nusantara.

“Kita mengapresiasi pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu, tidak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” sampainya.

Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap Pilpres serta anggota legislatif berlansung lancar. Hal itu  berkat pengorbanan  saudara-saudara anggota penyelenggara pemungutan suara, bahkan ada mengorbankan nyawa.

Sungguh mulia pengorbanan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses Pemilu ini “Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan perhitungan suara secara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk UU dalam waktu tidak lama lagi,” tutur Dandim.

Ditambahkan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilansungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan yang dibenci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

Dengan harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”. “Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Diakhir sambutan, pihaknya mengajak sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan ini dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa menuju kejayaan di pentas global. (ZA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini