Satgas Yonif 126/KC Kodam I/BB Bersama Puskesmas Beri Penyuluhan Kesehatan

47
Satgas Yonif 126/KC Kodam I/Bukit Barisan Bersama Petugas Puskesmas Beri Penyuluhan Kesehatan Kepada Warga Perbatasan Kampung Banda Distrik Waris. (Realitasonline/Joko Hendro)

WARIS – Realitasonline | Prajurit Satgas Yonif 126/KC Kodam I/Bukit Barisan bersama petugas Puskesmas melaksanakan bakti sosial dengan melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada warga perbatasan di Kampung Banda Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Kamis (13/5/2019).

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di sekitar perbatasan, Satgas Yonif 126/KC memberikan penyuluhan kesehatan tentang rumah sehat dan cara menggunakan obat, yang bekerjasama dengan Puskemas Kalipay.

Bintara Kesehatan Satgas Yonif 126/KC beserta petugas puskesmas mendatangi rumah warga, kemudian menjelaskan kepada warga tentang pentingnya memelihara dan merawat rumah sehat agar tidak terjangkit penyakit.

Serka Fernando Simamaora, Amd.Kep. dengan sabar dan ramah menjelaskan kepada warga tentang rumah sehat harus memiliki Ventilasi udara yang cukup, memiliki pencahayaan alami yang baik, berlantai dari semen atau keramik, tersedia air bersih, kamar mandi, saluran pembuangan limbah dan tersedia septic tank.

Setelah menjelaskan tentang rumah sehat juga menjelaskan tentang cara pengunaan obat yang baik harus dibeli di tempat yang resmi dan penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter.
Kegiatan penyuluhan ini sangat diapresiasi warga dan mereka senang karena didatangi langsung oleh prajurit TNI dan petugas Puskesmas ke rumahnya.

Kepala Kampung Banda Bapak Joni Mere menyampaikan terima kasih atas perhatiannya kepada warga yang memberikan penyuluhan kesehatan sehingga warga mendapatkan pengetahuan tentang rumah sehat dan cara menggunakan obat yang benar.

“Baru pertama ini diadakan penyuluhan yang langsung warga didatangi ke rumah – rumah membuat warga lebih mengerti apa yang dijelasin Bapak Prajurit TNI dan petugas Puskesmas’, ujarnya.

Komandan Pos Waris Lettu Inf Dewangkoro menyampaikan, kegiatan penyuluhan ini kita laksanakan langsung mendantagi rumah warga dengan harapan warga lebih jelas dan langsung kita praktekan.

“Kegiatan ini kita laksanakan karena keprihatinan kita terhadap warga perbatasan yang masih banyak menghuni rumah yang belum standar rumah sehat, semoga dengan adanya penyuluhan warga sadar akan pentingnya rumah sehat agar hidup sehat, nyaman dan terhindar dari penyakit”, jelasnya. (JH)