Pembangunan Dermaga Tongging akan Direalisasikan

45
Bupati Karo saat menghadiri Musrenbangnas 2019. (Realitasonline/dok).

KABANJAHE – Realitasonline | Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi hadiri acara forum perencanaan Musrenbangnas 2019, RKP (rapat kerja pemerintah) 2020, Kamis, (9/5//2019).

Acara pembukaan Musrenbangnas dibuka oleh Presiden RI Ir Joko Widodo dihadiri para gubernur /wali kota /bupati se-Indonesia.

Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam pedan whatshapna menyebutkan pemerintah pusat fokus dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 dengan mengambil tema ‘Peningkatan SDM untuk Pertumbuhan Berkualitas’. RKP 2020 merupakan awal dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Menurut Terkelin, dalam acara disinggung lima skala prioritas RKP infrastruktur dan pemerataan wilayah, agar setiap kabupaten juga harus memperhatikan faktor ini.

Untuk itu pemda Karo saat ini berbenah infrastruktur termasuk salah satu pembangunan Dermaga Tongging Tahap I akan dimulai tahun ini, melalui Kementrian perhubungan dengan alokasi dana APBN. Katanya

“Dalam mencapai target pembangunan perlu daya saing dengan menggunakan infrastruktur dorong pertumbuhan ekonomi. kuncinya adalah SDM berkualitas dan berdaya saing, terdidik dan berkarakter, trampil, sehat dan produktif,” jelasnya

Sementara Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi membenarkan terkait dermaga Tongging sudah final, akan dibangun oleh pemerintah pusat tahun ini melalui Kementrian Perhubungan dengan alokasi dana tahap I dari APBN 2019 sehingga sekarang sedang berlangsung proses tender tahap I.

Pastinya tahun anggaran 2019 ini harus sudah terealisasi, tidak ada alasan untuk ditunda lagi oleh Kemenhub.” Saya pastikan tahun ini Dermaga tongging sudah mulai dan berjalan untuk tahap I”,ujarnya

Sedangkan pembangunan Dermaga Tongging tahap II juga diusulkan dari APBN, diusulkan pada Musrenbangnas 2020.

Lebih lanjut, Sianturi menambahkan untuk pembangunan ke Kabupaten Karo melalui pemerintah pusat akan terus diupayakan pada 2020 mendatang.” Kita juga tetap mengusulkan lagi permohonan pembangunan jalan Tol Medan- Berastagi sebagai jalur alternatif antispisasi kemacetan, walaupun membutuhkan lobi lobi ke pusat ” ujar Bupati Karo menimpali. (JP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini