Awal Ramadhan, Harga Bawang Putih dan Cabai di Abdya Meroket

66
Aktifitas pedagang di Pasar Blangpidie. (Realitasonline/dok)

BLANGPIDIE – Realitasonline | Harga bawang putih di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih belum turun meski pemerintah sudah menyetujui impor. Menurut pantauan dilapangan, harga bawang putih masih betah di atas Rp 50 ribu per kilogram (kg).

“Bawang putih masih mahal, hingga mencapai Rp 70 ribu per kg. Kemarin katanya turun, tapi sekarang naik lagi. Kirain saya sudah turun, tahunya belum. Hari ini saya ambil juga belum turun,” ujar Marni (45) saat berbincang dengan wartawan di Pasar Blangpidie, Rabu (8/5/2019).

Sementara itu, harga cabai juga naik. Marni menjual cabai merah keriting seharga Rp 40 ribu per kg padahal beberapa minggu lalu, harga cabai keriting hanya sekitar Rp.38 ribu perkilo. Sedangkan cabai merah biasa sedikit lebih mahal dengan harga Rp.50 ribu per kg dari harga sebelumnya sekitar Rp 40 ribu perkilo. 

Sayuran lain terpantau fluktuatif, Tomat per kilo masih Rp 13 ribu, kentang seharga Rp 8 ribu per kg, buncis masih stabil dengan harga Rp.10 ribu per kg, kol kubis seharga Rp.4 ribu per kg dan wortel dijual Rp 8 ribu.

“Di awal puasa ini, rata-rata naiknya paling Rp 2.000-Rp 3.000 untuk bahan sayuran lainnya. Kalau bawang putih dan cabai bisa sewaktu-waktu melonjak naik,” ujar Marni.

Pedagang lain, Yasir (36) juga berkata bawang masih mahal, bawang putih banci dijual Rp 60 ribu per kg dan kating seharga Rp 70 ribu per kg. Untuk bawang merah terpantau lebih jinak, yakni Rp 25 ribu per kg untuk kelas biasa dan bawang merah lokal Rp.35 ribu per kg.

Ketika ditanya perkiraan turunnya harga bawang putih, Yasir  mengaku belum mendapat kabar. Harga awal puasa ini pun sudah diperkirakan naik.

“Masalahnya diawal puasa naik lagi, paling turun sebentar, lalu naik lagi,” ucapnya yang berjualan di Pasar Tanjong Bunga, Tangan-Tangan.

Data yang dihimpun dari hasil survey di awal Ramadan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Abdya, pada Senin (6/5) menyebut harga bawang putih termahal ada di Blangpidie, yaitu sebesar Rp.70 ribu per Kg.

Disusul Pasar Manggeng Rp.68 ribu per Kg yang diimbangi dengan harga di Pasar Tanjong Bunga, Tangan-Tangan. 

Sedangkan untuk harga minyak goreng masih stabil untuk isi 2 liter seharga Rp.26 ribu sementara minyak goreng malinda Rp.9 ribu perliter. 

Sedangkan komoditas lainnya, daging ayam ras segar seharga Rp.50 ribu perekor dan telur ayam ras segar perpapan Rp.40 ribu isi 30 butir. 

“Harga itu bisa saja naik dan turun tergantung dengan kondisi permintaan pasar. Namun, kita terus memantau perkembangan harga ini apalagi menjelang hari raya Idul Fitri nanti,” singkat Kepala Diskop UKM Perindag Abdya, Jamaluddin secara terpisah. (ZA) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini