Bank Sumut Raih Top BUMD Bidang Manajemen Kinerja 2019

21
Bank Sumut Raih Top BUMD Bidang Manajemen Kinerja 2019

JAKARTA – Realitasonline | Bank Sumut kembali dianugerahi penghargaan dalam event TOP BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Award 2019 yang diselenggarakan di Golden Ballroom, The Sultan Hotel Jakarta, Senin (29/4). Penghargaan tersebut diberikan kepada Bank Sumut untuk kategori TOP BUMD Bidang Manajemen Kinerja BPD 2019.

M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD 2019 dalam laporannya memaparkan bahwa peserta TOP BUMD 2019 disaring dari 1.149 BUMD di seluruh Indonesia yang kemudian diseleksi menjadi 200 BUMD finalis. “Dari finalis tersebut, sebanyak 162 BUMD finalis yang mengikuti proses penilaian lanjutan secara lengkap,” ujar Lutfi. Menurut pemaparan Lutfi pula, jumlah peserta meningkat 10% dibandingkan dengan tahun lalu dimana sebanyak 130 BUMD finalis yang mengikuti proses penilaian secara lengkap.

Sementara Ketua Dewan Juri, Laode M. Kamaluddin, mengatakan penilaian proses seleksi dilakukan secara ketat dan rinci sejak Januari hingga April 2019 dengan menggunakan metode survey, seleksi awal, pengisian kuesioner, dan wawancara penjurian. “Untuk kategori manajemen kinerja, hal yang dinilai adalah apakah perusahaan mampu menyelaraskan visi, misi, strategi bisnis dan ukuran KPI untuk monitoringnya serta bagaimana perusahaan mampu memanfaatkan hasil monitoring kinerja untuk perbaikan daya saing,” kata Laode dalam laporannya. Ditambahkannya pula, sementara dari segi aspek pertumbuhan berkelanjutan, yang dinilai adalah pertumbuhan bisnis, cakupan layanan dan bagaimana perbaikan yang dilakukan atas hasil pengukuran monitoring kinerja tersebut.

Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, Tengku Mahmud Jeffry, yang hadir langsung menerima penghargaan tersebut menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diraih Bank Sumut ini. Menurutnya, prestasi tersebut tak terlepas dari pencapaian kinerja dari para pegawai Bank Sumut sehingga Bank Sumut dinilai mampu berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi daerah secara berkelanjutan, khususnya di Sumatera Utara. “Kiranya penghargaan ini dapat memotivasi seluruh insan Bank Sumut untuk terus meningkatkan kinerja, daya saing, pelayanan, dan berkontribusi tak hanya di daerah tetapi juga di tingkat nasional,” kata Jeffry.

Selain itu, tambah Jeffry, prestasi Bank Sumut ini juga tidak terlepas dari dukungan seluruh stake holder Bank Sumut, mulai dari nasabah hingga seluruh pemegang saham Bank Sumut, baik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, juga seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.

TOP BUMD Award diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahunnya oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Asia Business Research Center serta beberapa lembaga tim penilai antara lain Sinergi Daya Prima, PPM Manajemen, Harvard Business Review, Melani K. Harriman Associates, dan lain-lain. Untuk tahun 2019 ini, tema yang diangkat adalah “BUMD Membangan Ekonomi Daerah yang Berkelanjutan”.

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik Indonesia yang dinilai berhasil meningkatkan kinerja keuangan, bisnis, dan pelayanan konsumen dua tahun terakhir, serta berkontribusi terhadap pengembangan bisnis, ekonomi, dan investasi di daerahnya, juga turut berperan dalam menggerakkan perekonomian di Indonesia. (AL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini