Berbekal C1, Para Caleg Prediksi Partai Pemenang Kursi DPRK di Abdya

96
Ilustrasi Pemilu. (internet)

BLANGPIDIE – Realitasonline | Beberapa calon legislatif (Caleg) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai memprediksi partai politik (Parpol) yang unggul dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di kabupaten setempat. Prediksi partai yang akan menduduki 25 kursi DPRK Abdya itu, diperoleh dari hasil form C1 yang dikumpulkan oleh para tim pemenangan masing-masing Parpol.

Dalam beberapa unggahan yang diposting melalui akun media sosial, menyatakan bahwa untuk daerah pemilihan (Dapil) 1 meliputi Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Jeumpa, terdapat 10 partai yang akan menduduki kursi DPRK.

Masing-masing partai tersebut mendapatkan satu kursi, diantaranya, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Golkar, Gerindra, Nasdem, Hanura, Partai Aceh, PNA dan PAN.

Sementara untuk Dapil 2 meliputi Kecamatan Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil, tersedia delapan kursi. Masing-masing partai diprediksi mendapatkan kursi itu, PAN, Demokrat, PKB, Partai Aceh, PNA, Nasdem, PPP dan Golkar.

Sedangkan untuk Dapil 3 meliputi Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot terdapat tujuh kursi, juga diprediksi hanya mendapat satu kursi per partai. Seperti, Partai Demokrat, PNA, Partai Aceh, PAN, Nasdem, Gerindra dan Golkar.

Dari postingan itu, belum ada satupun akun medsos yang berani mempublikasikan nama caleg yang beruntung menduduki kursi DPRK tersebut. “Meski kita sudah tau nama calegnya, namun kita tetap menunngu hasil pleno KIP Abdya. Apalagi saat ini masih dilakukan pleno di tingkat kecamatan,” kata salah satu caleg yang enggan disebutkan namanya.

Terkait dengan prediksi para caleg yang memperoleh kursi DPRK itu, Ketua KIP Abdya, Sanusi yang dihubungi wartawan, Minggu (21/4) belum bisa menjadikan itu sebagai sebuah pegangan resmi. Dimana, pihaknya tetap berpedoman pada hasil pleno di KIP Abdya nanti.

“Kita tetap berpegang pada aturan yang berlaku, mengenai adanya hasil suara yang sudah diprediksi oleh masing-masing partai silahkan saja dan itu hak mereka. Namun kita tetap berpegang pada aturan yang berlaku bahwa setelah adanya pleno baru bisa kita putuskan siapa yang berhak menjadi pemenang pemilu di Abdya,” ungkapnya.

Sanusi mengatakan, bahwa hingga saat ini setiap kecamatan masih melakukan pleno yang diprediksi akan berkahir selama empat hari sejak Sabtu (20/4) kemaren. “Jika di kecamatan sudah selesai, baru kita lakukan pleno berikutnya di kabupaten,” demikian singkatnya. (R-Zal) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini