Prabowo-Sandi Menang Unggul di Lapas Blangpidie

16
Ilustrasi Pemilu. (internet)

BLANGPIDIE – Realitasonline | Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden RI Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno meraih suara terbanyak di tempat pemungutan suara (TPS) 4 Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Blangpidie yang berada di Desa Alue Dama, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Pasangan nomor urut 02 ini memperoleh suara sebanyak 83, sedangkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin memperoleh 5 suara. Perolehan suara tersebut diketahui dari hasil perhitungan suara pada Rabu (17/4/2019) sore lalu. 

“Perolehan suara untuk pasangan Prabowo-Sandiaga mendapat 83 suara dan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh 5 suara dan 2 suara dinyatakan rusak, ” kata Fadhlan petugas  KPPS TPS 4 Lapas Kelas III Blangpidie, Kamis (18/4) kemaren

Ditambahkan,  jumlah pemilih yang memberikan suara di TPS dalam Lapas tersebut berjumlah 90 orang dari 95 orang yang terdaftar dalam DPTb (Daftar Pemilih Tetap Tambahan). 

Sebelumnya Kepala Lapas Kelas III Blangpidie, Erwin S Siregar, Amd IP SH, MH kepada wartawan Rabu (17/4) disela-sela proses pemilihan di TPS 4 Lapas Kelas III Blangpidie menyebutkan, dari 119 total warga binaan yang berada di Lapas tersebut, hanya sebanyak 71 warga yang mendapatkan hak pilih mereka. Sementara sisanya sebanyak 48 orang dinyatakan tidak bisa memilih lantaran terkendala dengan identitas mereka yang tidak jelas.

Warga binaan yang tidak masuk dalam daftar pemilih itu menurut Erwin, lantaran terkendala masalah administrasi seperti nomor induk kependudukan (NIK) yang bermasalah. Sebab tidak sedikit warga binaan ini merupakan kiriman dari Lapas lain, dan mereka juga berasal dari berbagai wilayah luar Aceh.

“48 warga binaan ini tidak memiliki indentitas yang lengkap. Umumnya mereka tidak memiliki NIK, sehingga tidak bisa dilakukan pendataan sebagai pemilih,” paparnya.

Ditambahkan, tidak hanya warga binaan saja yang menggunakan hak pilihnya di Lapas tersebut, sebanyak 22 orang petugas Lapas dan 2 orang Pam TPS juga ikut meramaikan suasana pemilihan di TPS 4 dimaksud. Secara keseluruhan, pemilih di Lapas Kelas III Blangpidie termasuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Sedangkan untuk daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih khusus (DPK) tidak ada.(ZA) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini