Polres Tapsel Peragakan Simulasi Pengamanan Pemilu

61
Personil Polres Tapsel saat mengamankan warga yang coba buat keonaran, pada adegan simulasi PAM Pemilu 2019. (Realitasonline / Riswandy)

TAPANULI SELATAN – Realitasonline | Personil Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) berhasil mengamanakan salah seorang warga yang merupakan pendukung famanatik salah satu Calon Anggota Legislatif yang coba membuat keributan pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Setelah diamankan, warga tersebut langsung dibawa ke Mapolres Tapsel untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif apakah warga tersebut dikategorikan melakukan tindak pidana umum atau tindak pidana Pemilu.

Aksi pengamanan tersebut merupakan salah satu bagian dari adegan simulasi latihan penanganan kerusuhan menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Tapsel dalam rangkaian Operasi Mantab Brata 2019 kesiapan Pengamanan Pemilihan Umum (PAM Pemilu) 2019, Jumat (22/3/2019).

Simulasi PAM Pemilu 2019 tersebut dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH, Kasdim 0212/ TS Mayor Inf. D. Iskandar, Kaden C Brimobdasu Sipirok AKBP Bravo Arsena, Ketua Pengadilan Negeri Padangsidimpuan Julius Panjaitan, SH, MH, Kajari Tapsel Tyas Widiarto, SH, MH, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pimpinan dan perwakilan Parpol peserta Pemilu 2019.

Dalam simulasi tersebut digambarkan bagamana personil Polres Tapsel mengamankan warga dari salah satu pendukung calon Presiden dan pendukung Calon anggota Legislatif yang mencoba menvuat keonaran karena merasa tidak puas dengan hasil perhitungan suara dan warga menduga telah terjadi kecurangan.

Warga tersebut akhirnya berhasil di lumpuhkan oleh personil Polri yang sudah berjaga-jaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan mengingat emosi warga semakin tak terkendali.

Usai simulasi PAM Pemilu 2019, Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH mengatakan, peragaan yang dilakukan ini sebagai bukti keseriusan jajarannya dalam mengamankan terlaksananya Pemilu serentak 2019 agar berjalan dengan lancar.

Dikatakan, untuk Pemilu 2019, pihaknya akan menerjunkan hampir seluruh personilnya dan yang dibantu oleh pasukan BKO dari TNI dan Brimobdasu untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas.

Selain itu dia juga mengatakan, sampai saat ini jajaran Polres Tapsel telah siap, bahkan paling siap dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu serentak 2019. Semua ini telah mendapat dukungan positif  dari semua pihak khususnya dari elemen masyarakat Tapsel yang menginginkan pelaksanaan Pemilu di Tapsel kondusif. (RI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini