Bupati Fokus Kembangkan Parawisata san Pertanian di Aceh Selatan

11

TAPAKTUAN – Realitasonline | Sesuai dengan visi misi Bupati Aceh Selatan, H Azwir SSos mengatakan untuk pemberdayan ekonomi masyarakat pada daerah lintasan zona pertanian lewat pariwisata dan pertanian.

Penuturan bupati itu saat media ini Rabu (20/3/2019) menghubunginya, selain parawisata dan pertanian dan perkebunan, ini merupakan salah satu komoditi yang cepat menghasilkan terhadap perekonomian masyarakat, kalau dulu hasil pala dan sekarang kita merobah tanaman, timpal Azwir.

Sebab hasil pertanian bukan  padi saja, tapi juga menghasilkan tanaman jengkol, pete, pinang, kemiri dan juga dapat diselingi dengan menanam tanaman muda sebagai salah satu langkah awal untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam berusaha peningkatan perekonomian setiap kecamatan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

Demikian juga halnya pengembangan parawisata dapat juga mengakses perekonomian masyarakat, sebab di Aceh Selatan kaya dengan tempat wisata, bahkan hampir setiap kecamatan ada lokasi tersebut, mulai Kec. Labuhanhaji Barat hingga  Trumon Timur.

Tempat pemandian Panjupian, Putro Meutumpang di Labuahanhaji  dan masih banyak lokasi wisata di Aceh Selatan yang patut menjadi salah satu peningkatan ekonomi masyarakat.

Kedua sektor Ini, merupakan sebuah andalan Aceh Selatan  yang dapat mendatangkan investor yang sangat berpotensi dikembangkan dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat kabupaten ini yang terdapat 18 kecamatan dan 260 desa ini, ucap Azwir.

Sambung bupati lagi, hal tersebut bukan hanya bicara saja, namun sejalan juga harus dilakukan seperti di sektor pertanian, masyarakatnya harus gigih dan giat berusaha untuk menanam jengkol, pete, pinang, dan kemiri serta komoditi yang menghasilkan ekonomi yang cepat, sehingga masyarakat dapat menikmati hasilnya.

Apalagi Aceh Selatan, lahan dan tanahnya masih sangat subur sehingga apapun yang ditanam akan menghasilkan dan masyarakat untuk terus berusaha dan bekerja agar memperoleh hasil  memuaskan lewat tanaman yang lebih cepat menghasilkan, tuturnya  Azwir, mantan Kabag Humas Sekdakab Aceh Selatan. (ZL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini