Kepala Dinas Pendidikan H.Timur Tumanggor S.Sos,M.AP Buka OSN SMP Tingkat Kabupaten Deli Serdang

91
Foto bersama usai Pembukaan resmi dengan Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang H.Timur Tumangor S.Sos,M.AP, Ketua Panitia OSN SMP Tk. Kabupaten Anthonius Surbakti SE,MSi ,Sekretaris Panitia Hj.Dwi Indrawati SP.MPd , MKKS,Para guru pendamping bidang study,dan juga pengawas. (Realitasonline/HIZAD)

LUBUK PAKAM – Realitasonline | Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang H.Timur Tumanggor S.Sos,M.AP membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Sain Nasional (OSN-red) Sekolah Menengah Pertama (SMP-red) Tingkat Kabupaten pada hari Sabtu,(16/03/2019) pukul 09.00 Wib bertempat di  SMP Methodist Lubuk Pakam.

Hadir dalam acara itu tamu Supervisi dari Direktur Jendral Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Endar Nugrahani serta unsur kepanitiaan yakni Dinas Pendidikan ,MKKS SMP,para guru bidang study Matematika,IPA , IPS ,para pendamping,Para Pengawas dan para peserta OSN.

Dalam Sambutannya Timur Berpesan agar siswa dan siswi mengutamakan sportifitas yang tinggi serta mengutamakan kejujuran didalam melaksanakan OSN agar lebih positif dalam berkompetisi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi secara maksimal kedepannya.

Ditambahkannya disela sela meninggalkan acara bahwa kegiatan ini sangat bagus dan positif diadakan bagi pelajar untuk berpotensi menjadi seorang anak yang jujur,kreatif dan sangat menjunjung tinggi sportivitas dalam mengikuti OSN.

Kegiatan ini setiap tahun digelar untuk menjaring dan merekrut para siswa dan siswi berbakat secara sciense (keilmuan-red) sekaligus dengan kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi didik dalam bidang sains serta teridentifikasinya peserta didik terbaik yang mampu berprestasi untuk berlomba pada tingkat Provinsi dan Nasional.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan acara OSN SMP Tingkat Kabupaten Deli serdang Anthonius Surbakti SE,MSi yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik dalam sambutannya mengatakan bahwa melaui lomba ini hasil yang diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi didik dalam sains sehingga mampu berkompetisi di lomba tingkat provinsi dan nasional juga betujuan secara umum OSN SMP ini meningkatkan mutu pendidikan terutama dibidang sains secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar,kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik melalui kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai nilai sportivitas, dengan Tema Mengembangkan Kemampuan “4K” Kritis , Kreatif , Kolaboratif dan Komunikatif siswa melalui sains.

Sedangkan dasar hukumnya sesuai dengan Surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0234/D3/KP/2019 yang merupakan Pelaksanaan Kegiatan Bimtek OSN tahun 2019,sumber dana juga ditegaskan bahwa kegiatan ini bersumber dari dana APBD Tahun anggaran 2019 sedangkan biaya pengadaan soal dan LJK bersumber dari dana APBN tahun 2019.

Kepada Wartawan di sela kesibukannya selaku Sekretaris Panitia OSN SMP Tingkat Kabupaten Hj.Dwi Indrawati,SP.M.Pd yang juga Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Disdik menambahkan bahwa event ini memang agenda rutin dilakukan Dinas Pendidikan saban tahunnya bahkan peminatnya (jumlah peserta-red) cukup banyak jika diterima dan hanya dibatasi 500 peserta karena sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini yang diikuti oleh seluruh SMP Negeri dan Swasta se Deli Sedang yang terdiri dari Kelas VII dan VIII dikategorikan menjadi 3 mata pelajaran yakni Matematika 170 orang , IPA 180 orang dan IPS 150 orang, namun dalam registrasinya SMP Negeri dan Swasta yang mengikuti kegiatan OSN seleksi ditingkat Kecamatan berjumlah 168 sedangkan yang mengikuti hanya 102 sekolah tambah Dwi kepada wartawan.

Untuk Pengadaan Soal dan Koreksi dijelaskan bahwa Soal OSN dikirim langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Untuk menindaklanjuti kegiatan OSN ini Peringkat 1-3 perbidang study akan mengikuti Bimtek OSN ke Bandung untuk dibina selama 7 hari sebelum mengikuti OSN tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk direncanakan pada tanggal 3-9 April 2019 , mengikuti seleksi OSN Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada 13 April 2109 setelah menyelesaikan pendaftaran daring (registrasi online-red). (HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini