DPRDSU: Gubsu Segera Bentuk Timsel Calon Direksi PDAM Tirtanadi

52
Zeira Salim Ritonga

MEDAN – Realitasonline | Gubsu Edy Rahmayadi harus segera membentuk timsel (tim seleksi) atau penjaringan calon Direksi PDAM Tirtanadi yang berakhir masa tugasnya 11 Maret 2019, agar jangan sampai terjadi stagnan kepemimpinan di perusahaan milik BUMD tersebut.

“Gubsu harus bergerak cepat mempersiapkan tim seleksi atau tim penjaringan calon Direksi PDAM Tirtanadi agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan,” ujar Wakil Ketua Komisi C DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga kepada wartawan, Senin (11/3) di DPRD Sumut menanggapi belum dibentuknya tim seleksi atau penjaringan para calon Direksi PDAM Tirtanadi.

Politisi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) ini juga mengigatkan Gubsu agar dalam beberapa hari ini tim seleksi atau tim penjaringan sudah terbentuk, jangan sampai ada penilaian masyarakat, bahwa pergantian jajaran Direksi ini sengaja diperlambat.

“Kita kuatir, jika pada 11 Maret juga tim belum terbentuk atau Direksi PDAM yang baru belum terpilih, akan terjadi kekosongan kepemimpinan, tentu akan mengganggu operasional perusahaan air minum tersebut,” ujar anggota dewan Dapil Labura, Labusel dan Labuhanbatu tersebut.

Dalam hal ini Gubsu harus hati-hati, tambah Zeira, karena Dewas (Dewan Pengawas) bisa menunjuk pejabat dari internal BUMD untuk membantu pelaksanaan tugas direksi, sampai pada pengangkatan direksi yang defenitif, paling lama 6 bulan.

Hal itu diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah) No54/2017 Pasal 71 ayat 1 yang menegaskan, dalam hal terjadi kekosongan jabatan seluruh anggota direksi, pelaksana tugas pengurusan BUMD dilaksanakan oleh Dewas. Selanjutnya dalam ayat 2 menyatakan, Dewas dapat menunjuk pejabat dari internal BUMD untuk membantu pelaksana tugas Direksi.

Untuk memperjelas alasan belum dibentuknya tim seleksi atau tim penjaringan para calon Direksi yang baru tersebut, Zeira Salim menegaskan, Komisi C segera menjadualkan mengundang Gubsu maupun Sekdaprovsu dalam rapat dengar pendapat di DPRD Sumut.

Sementara informasi yang diperoleh Realitas di PDAM Tirtanadi, Senin sore (11/3), jabatan Direksi PDAM Tirtanadi priode 2015-2019, yakni Dirut, Direktur Air Limbah, Direktur Air Bersih dan Direktur Administrasi dan Keuangan masing-masing dijabat Sutedi Rahardjo, Heri Batanghari, Deviandri dan Arif Hardian Diperpanjang sampai ditetapkannya Direksi defenitif yang baru masa kerja 2019-2023. (MI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini