Massa AUIB Aksi di DPRDSU Tuntut ASN Netral

5
Anggota Komisi A DPRD Sumut Ikrimah Hamidi saat menerima aspirasi massa AUIB di depan gedung dewan. (Foto/ist)

MEDAN – Realitasonline | Massa yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Bersatu menggelar aksi, Jumat (8/3) di depan gedung DPRDSU, Jalan Imam Bonjol Medan, menuntut netralitas ASN (Aparatur Sipil Negara) dan aparat kepolisian dalam pemilu 2019.          

Koordinator aksi Wahyu Kurnia menyebutkan, pihaknya akan terus turun ke jalan setiap minggu, karena melihat aparat sudah sangat tidak netral. “ASN dan aparat wajib netral ,tidak boleh memihak paslon capres-cawapres manapun, apapun jabatannya,” ujarnya.       

Ia juga menegaskan, UU Kepolisian Nomor 2 Tahun 2002 juga menjelaskan Polri bertugas melindungi dan mengayomi masyarakat. Indonesia merupakan negara demokrasi, siapapun capres yang menang wajib mensejahterakan warga Indonesia, tapi kemenangan harus diraih dengan jujur. “Kalau memang ASN tidak netral copot bajunya,” katanya.         

Massa juga mempertanyakan penangkapan 11 anggota FPI di Tebingtinggi beberapa waktu lalu dinilai tindakan yang dilakukan kepolisian terhadap anggota FPI tersebut tidak manusiawi, sebagaimana beredar dalam video di media sosial.

Selain itu, pernyataan yang dikeluarkan Kapoldasu sudah membuat resah kami. “Kami minta, aparat keamanan hanya mengawasi, jika ada acara pengajian,” ungkapnya.           

Peserta aksi lainnya. Ustaz Suhairi menyampaikan, jangan ada pihak yang menimbulkan provokasi.Jangan terlalu gampang memvonis dan menyimpulkan tanpa bukti dan saksi. Negara ini adalah negara hukum.         

Aksi tersebut diterima anggota Komisi A DPRD Sumut Ikrimah Hamidy mengatakan, aspirasi yang disampaikan masyarakat akan ditindaklanjuti ke Mabes Polri, Istana Presiden dan Gubs, serta berharap pemilu dapat terlaksana dengan baik dan benar.

“Kami imbau masyarakat berpartisipasi dalam pemilu. Bawaslu jangan duduk diam menunggu laporan tanpa ada upaya memperbaiki kualitas pemilu. Khusus ASN, TNI dan Polri, kami minta tetap netral,” katanya.(mi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukan komentar Anda disini
Masukan Nama Anda Disini